Nasi Tumpeng Jogja

Nasi Tumpeng spesial

Menurut Jawa Tumpeng adalah akronim dari bahasa Jawa yaitu metu kudu sing mempeng, yang artinya jika akan keluar harus melakukannya dengan sungguh-sungguh. Dari akronim tersebut dapat kita lihat bahwa tumpeng adalah representasi yang menggambarkan tekad seseorang ketika akan melakukan sesuatu agar tidak ragu-ragu. Kepercayaan diri dalam mengambil keputusan adalah sesuatu yang sangat penting, oleh karena itu harus dipikirkan dengan sebaik mungkin.

Tumpeng yogya


Karena filosofinya yang sangat kuat, nasi tumpeng biasanya tidak dapat dikonsumsi seperti makanan lainnya. Nasi berbentuk seperti Gunung ini memang sangat spesial sehingga hanya dibuat ketika akan mengadakan berbagai macam acara khusus.

Nasi tumpeng biasanya digunakan untuk berbagai acara :

Diantaranya nasi tumpeng digunakan untuk acara Syukuran, Ulang tahun, peresmian gedung atau sekolah, dan lain sebagainya.

penyajian nasi tumpeng

Disajikan di atas tampah dengan nasi yang disekelilingi lauk-pauk berjumlah tujuh macam dan dialasi daun pisang. Tujuh lauk-pauk dalam nasi tumpeng juga memiliki makna penting, diambil dari angka tujuh dalam bahasa Jawa yang berarti pitu, kemudian diartikan menjadi pitulungan atau pertolongan


demikian sedikit membahas tentang asal mula Nasi tumpeng, semoga bermanfaat. Bagi anda yang masih kebingungan atau kerepotan untuk membuat nasi tumpeng yang akan digunakan sebagai keperluan acara, kami Likin Catering siap melayani atau menerima pesanan Nasi tumpeng berbagai ukuran.

Comments

INFO